Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi Mata Kuliah Program Studi S1 Manajemen
SEMESTER 1
Matematika Bisnis (3 Sks) Pengantar Bisnis (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang ruang lingkup matematika dimana di dalamnya termasuk pengenalan matematika dan perhitunganya serta dapat membantu untuk proses bisnis Landasan pengetahuan bisnis dengan fokus pada sasaran  manajer, potensi konflik kepentingan yang mungkin timbul, penggunaan internet untuk mendorong kinerja kinerja bisnis, tingkat kompetisi industri, manfaat dan kerugian bisnis lokal/nasional ekspansi ke internasional, restrukturisasi operasional bisnis, bagaimana bisnis memotivasi karyawan dan mempromosikan produk, dan bagaimana peran departemen dalam suatu bisnis yang diintegrasikan. Mata kuliah ini merupakan prasyarat untuk mata kuliah – mata kuliah inti manajemen pada semester-semester berikutnya dengan nilai minimal B.
Pengantar Ekonomi Mikro (3 Sks) Etik UMB (2 Sks) (MKCU)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana rumah tangga atau konsumen dan perusahaan atau produsen membuat keputusan dan bagaimana mereka berinteraksi di pasar.
Pancasila ( 2 Sks) (MKCU)
Pengantar Akuntansi (3 Sks) Bahasa Inggris I (3 Sks) (MKCU)
Pada Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep dan prinsip akuntansi, penyusunan kode akun perusahaan jasa dan dagang, siklus akuntansi, Laporan keuangan Keuangan (Neraca, Laporan Laba Rugi dan Arus Kas), perhitungan cadangan piutang, penilaian dan metode persediaan, penilaian aktiva tetap (depresiasi dan akumulasi depresiasi), kas dan rekonsiliasi bank.
SEMESTER 2
Pengantar Manajemen (3 Sks) Akuntansi Berbasis Komputer (3 Sks)
Mata kuliah ini sebagai lanjutan dari mata kuliah Pengantar Bisnis, yang membahas tentang prinsip-prinsip manajemen organisasi, baik profit/non profit, dengan memperhatikan pada berbagai aspek, mencakup aspek lingkungan, baik internal maupun eksternal, dengan menanamkan pula etika bisnis dan tanggung jawab sosial organisasi. Konsep efisiensi dan keefektifan, motivasi karyawan dan kepemimpinan juga diperdalam bahasannya Pada Mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep dan prinsip akuntansi, penyusunan kode akun perusahaan jasa dan dagang, siklus akuntansi, Laporan keuangan Keuangan (Neraca, Laporan Laba Rugi dan Arus Kas), perhitungan cadangan piutang, penilaian dan metode persediaan, penilaian aktiva tetap (depresiasi dan akumulasi depresiasi), kas dan rekonsiliasi bank.
Pengantar Ekonomi Makro (3 Sks) Perpajakan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana perekonomian sebagai suatu kesatuan, menyangkut cara kerja perekonomian secara keseluruhan, menjelaskan perubahan perekonomian yang mempengaruhi rumah tangga, perusahaan dan pasar secara serempak. Mata kuliah Perpajakan membahas : 1. Hukum pajak, dasar pengenaan pajak, pengertian pajak, fungsi pajak, asas pemungutan pajak, sistem pemungutan pajak, serta timbul dan hapusnya utang pajak 2. Ketentuan umum dan tata cara perpajakan sebagai hukum formal 3. Pajak penghasilan, wajib pajak orang pribadi, wajib pajak badan, kewajiban pemotongan dan pemungutan pajak penghasilan, pajak penghasilan pasal 24, pajak penghasilan pasal 25 Penghasilan 4. Pajak pertambahan nilai barang dan jasa dan pajak penjualan atas barang mewah 5. Bea materai dan pajak daerah meliputi pajak bumi dan bangunan P2 dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan 6. Beberapa isu perpajakan khususnya akuntansi pajak sesuai dengan perkembangan Undang-undang perpajakan dan aturan pelaksanaannya
Bahasa Indonesia (2 Sks) (MKCU)
Agama (2 Sks) (MKCU)
Kewarganegaraan (2 Sks) (MKCU)
Bahasa Inggris II (3 Sks) (MKCU)
SEMESTER 3
Manajemen Pariwisata (3 Sks) Manajemen Pemasaran (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang rtuang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan perhotelan dan bisnis kuliner agar mahasiswa mampu memahami dasar dari pariwisata dimaksud Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pemasaran, konsep dasar pemasaran, strategi yang digunakan dalam pemasaran, perbedaan lingkungan pasar konsumen dan pasar bisnis, STP (segmentasi, targeting, dan positioning) serta bauran pemasaran sehingga mampu memahami konsep dasar pemasaran secara keseluruhan.
Business English (3 Sks) Etika dan Hukum Bisnis (3 Sks)
Program ini diharapkan bisa mempersiapkan siswa dengan keahlian bahasa Inggris yang mampu berkompetisi di bidang pekerjaan. Fungsi utama ini untuk mengembangkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang Bahasa Inggris Bisnis sebagaimana digunakan dalam situasi sehari-hari dalam kaitannya dengan pekerjaan. Jika menantang kemampuan mereka untuk menggunakan bahasa Inggris dalam situasi alami dengan tingkat tertentu dengan penekanan pada kebutuhan untuk mengembangkan pemikiran kreatif dan kritis, maka, mampu mengekspresikan gagasan dan opini dengan percaya diri dan alami. Kelas ini dirancang untuk memberi kesempatan bagi siswa untuk membangun keterampilan komunikasi yang penting Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep pengantar etika bisnis, , relevansi etika bisnis, bisnis dan etika, prinsip-prinsip etika bisnis, etika utilitarianisme, tanggungjawab sisial, keadilan dalam bisnis da hak – hak pekerja, hukum bisnis, kontrak dalam dunia bisnis, hukum asuransi, hukum hak kekayaan intelektual ( HKI ) , hukum anti monopoli dan persaingan curang, , hukum perizinan di dunia bisnis, dan hukum perlindungan konsumen
Manajemen Operasional (3 Sks) Manajemen Sumber Daya Manusia (3 Sks)
Manajemen operasional adalah matakuliah wajib pada S1 Manajemen, pada matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dinamika dari strategi operasional perusahaan manufaktur dan service strategy (serangkaian aktivitas untuk menentukan target market segment, service concept, operating strategy, dan service delivery system) 2. Mampu membuat keputusan di bidang produksi dan/atau operasi secara sistemik dan sistematik, khususnya berdasarkan competitive priorities manajemen operasi, yaitu cost, quality, speed of delivery, flexibility dan innovation. 3. Memahami dan mampu mengaplikasikan konsep product development dan service development, pemanfaatan teknologi, penjadwalan, dan manajemen proyek. 4. Memahami pentingnya standar dan pengendalian kualitas dan mampu merancang improvement process sejlan dengan semangat continuous improvement. 5. Mampu mengaplikasikan quality control tools berdasarkan kondisi bisnis aktual Pada mata kuliah ini Mahasiswa memahami fungsi manajerial dan fungsi operasional MSDM untuk dapat mengelola SDM dalam Organisasi bisnis maupun non bisnis. Mahasiswa  mampu menjelaskan mempresentasikan mengindentifikasi menganalisa dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari . Matakuliah ini diberikan setelah lulus mata kuliah Pengantar Bisnis dan Pengantar Manajemen.
Manajemen Keuangan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar analisis kondisi keuangan perusahaan, perencanaan keuangan, struktur modal, dan keputusan korporat perusahaan sehingga mampu memahami konsep dasar keuangan secara keseluruhan
SEMESTER 4
Penganggaran Perusahaan (3 Sks) Kewirausahaan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Penganggaran Perusahaan Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Kewirausahaan, mengajarkan mahasiswa memiliki kemampuan wirausaha pada persaingan usaha sebenarnya. Sehingga mahasiswa mengenali entrepreneurial mindset, mampu membuat perencanaan bisnis, memiliki kemampuan memulai usaha baru dengan kreatif, dan mampu menjalankan wirausaha dengan berbagai sumber daya kelompok
Salesmanship (3 Sks) Bisnis Internasional (3 Sks)
Memiliki pengetahuan, wawasan dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengidentifikasi elemen pemasaran perusahaan., Mampu melakukan pendekatan kepada calon pelanggan potensial hingga terjadinya penjualan. Juga memahami peran penting manajemen penjualan sebagai elemen pemasaran perusahaan Pada mata kuliah  ini mahasiswa mempelajari tentang ruang lingkup bisnis internasional, teori-teori perdagangan internasional, lembaga-lembaga bismis internasional,  peranan kekuatan sosiokultural, SDA, ekonomi dan sosioekonomi,  politik,  hukum  dan moneter dalam bisnis internasional, strategi kompetitif internasional, pasar dan rantai pasokan internasional serta sumberdaya manusia internasional
Simulasi Bisnis (3 Sks) English for Management (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang perencanaan bisnis yang tepat dan kepentingan dalam sebuah bisnis, lingkungan bisnis, studi banding yang berkenaan dengan bisnis, bagaimana membina sebuah bisnis menjadi badan usaha, pengembangan strategi dalam bisnis dan tentunya bagaimana mengoperasionalkannya Program ini diharapkan dapat memberi pemahaman dasar pada mahasiswa tentang cara berkomunikasi dalam bahasa Inggris (lisan maupun tulisan)  yang berhubungan dengan konteks bahasa Inggris khususnya bidang manajemen dan memahami materi-materi bacaan berkaitan dengan manajemen bisnis. Program ini juga mengharapakan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman tentang Sumber daya manusia, keuangan, marketing dan operasi sebagai empat fungsi manajemen dengan menguasai bahasa Inggris untuk manajemen
Perekonomian Indonesia (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar Perekonomian Indonensia mempelajari tentang aspek-aspek penting dalam perkembangan makro ekonomi Indonesia. Pembahasannya didasarkan  pada data  dan  perkembangan  variabel  makro  ekonomi  Indonesia,  yang   meliputi  sejarah  perkembangan  perekonomian; Sistem ekonomi Indonesia; Pelaku dan peranannya dalam perekonomian Indonesia; Transformasi structural perekonomian Indonesia; Industrialisasi di Indonesia; Kebijakan Fiskal dan APBN; Neraca Pembayaran LN Indonesia; Perekonomian Indonesia dalam era globalisasi; Sistem Moneter Indonesia; serta Otonomi daerah
SEMESTER 5
Komunikasi Bisnis (3 Sks) Digital Marketing Communication (3 Sks)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dalam struktur kurikulum program studi D3 Akuntansi yang memberikan pengetahuan tentang bentuk dasar komunikasi, proses komunikasi, komunikasi dalam organisasi, komunikasi antara budaya, dasar-dasar korespondensi, proposal bisnis, lamaran pekerjaan serta wawancara bisnis Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep komunikasi pemasaran digital yang berorientasi pada peningkatan nilai pada setiap produk yang ditujukan kepada konsumen. Tujuannya agar mahasiswa mampu melihat peluang – peluang baru yang dapat dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen
Statistik (3 Sks) Produk dan Merek (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang statistika, konsep mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis serta dapat mengaplikasikan pengujian hipotesis dalam menyelesaikan masalah Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang kompetensi terkait kemampuan pengembangan produk dan mengelolaan merek. Dari perencanaan, penyusunan proposal, pelaksanaan, sampai pengukuran keberhasilannya
Klinik Wirausaha (3 Sks) Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep dasar wirausaha, profile entrepreneur, kepemimpinan dalam berwirausaha,pengembangan jaringan, kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha danpengembangan bisnis serta komunikasi bisnis Mata kuliah memberikan pengetahuan dan kemampuan analitis kepada mahasiswa tentang pentingnya peranan perencanaan dan pengebangan sumberdaya manusia sebagai salah satu fungsi dalam manajemen sumberdaya manusia. Mahasiswa juga diberikan kemampuan dalam memperhitungkan kebutuhan sumberdaya manusia, ketersediaan sumberdaya manusia serta implikasi kebijakan terkait kondisi surplus atau kekurangan pegawai. Pengembangan sumberdaya manusia membakali mahasiswa dengan kemampuan melakukan analisis kebutuhan pelatihan, proses pelaksanaan kegiatan pelatihan serta evaluasi pelaksanaan pelatihan sumberdaya manusia. Prasyarat mata kuliah ini adalah manajemen sumberdaya manusia
Manajemen Perubahan (3 Sks) Manajemen Kompensasi dan Hubungan Industrial (3 Sks)
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan kemampuan analitis kepada mahasiswa tentang pentingnya dalam memahami perubahan dalam lingkungan bisnis, memberikan pandangan mengenai konsep manajemen perubahan dan memahami pentingnya mengembangkan kemampuan sebagai tenaga profesional yang lebih kreatif dan kritis. Mahasiswa juga diberikan kemampuan dalam memahami definisi, konsep dan alasan dalam mempelajari manajemen perubahan Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar menjelaskan, mempresentasikan, mengidentifikasi, menyusun dan menganalisa  pengupahan dan hubungan industrial dalam organisasi perusahaan, dalam hal ini mahasiswa dapat mengimplementasikannya tata aturan bagaimana manajemen pengupahan dan praktek hubungan industrial dilaksanakan dengan baik agar membantu efektivitas dan efisiensi perusahaan. Diantaranya  Pengertian dan konsep kompensasi, Strategi kompensasi dan gaji karyawan, Pemeringkatan jabatan untuk pedoman gaji, Kebijakan peninjauan upah-gaji secara berkala, Dapat membedakan perbedaan tunjangan gaji-upah, Benchmarking gaji dan fasilitas, Implementasi kinerja dengan besaran upah-gaji
Sistem Informasi Manajemen (3 Sks) Business Event Management (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Sistem Informasi Manajemen, pegunaanya dan implementasinya dalam organisasi dan perusahaannya Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang rtuang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan perhotelan dan bisnis kuliner agar mahasiswa mampu memahami dasar dari pariwisata dimaksud
Manajemen Destinasi Wisata (3 Sks) Total Quality Management (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang rtuang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan perhotelan dan bisnis kuliner agar mahasiswa mampu memahami dasar dari pariwisata dimaksud Matakuliah TQM adalah  matakuliah lanjutan pada peminatan operasional. Pada matakuliah ini diharapkan  mahasiswa mampu menguasai konsep dan prinsip-prinsip TQM, dapat mengaplikasikan berbagai alat dan teknik untuk mencapai TQM, Mampu mengaplikasikan pendekatan statistik dalam pengendalian kualitas dan mampu mengaplikasikan TQM di industri
Manajemen Proyek (3 Sks) Manajemen Risiko Bisnis (3 Sks)
Dalam  mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan konsep dan teknik-teknik dalam mengelola proyek dan mampu menguasai konsep manajemen proyek untuk mendapatkan keunggulan kompetitif Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang manajemen risiko bisnis, Identifikasi risiko, dan pengendalian risiko di berbagai bidang industri serta pengalihan risiko ke asuransi sehingga mammpu memahami konsep dalam pengambilan keputusan
Manajemen Investasi (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang  mengelola keuangan khususnya melakukan pemilihan investasi, yang dapat dipelajari  mahasiswa dengan mengikuti mata kuliah ini
SEMESTER 6
Metodologi Penelitian Pariwisata (3 Sks) Perilaku Konsumen (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang ruang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan metodologi penelitian metodologi penelitian pariwisata dimaksud Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang perilaku konsumen, konsep dasar perilaku konsumen, variasi lintas budaya, perbedaan pengaruh internal ,  motivasi perilaku konsumen, Proses Keputusan Konsumen: Pengaruh Situasional dan  pengenalan Masalah., Proses keputusan Konsumen: Pencarian Informasi dan evaluasi serta Pemilihan alternatif, Proses keputusan konsumen: pemilihan outlet dan pembelian, Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen
Metodologi Penelitian Pemasaran (3 Sks) Perilaku Organisasi (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep, pendekatan, metode dan prosedur dalam penelitian bisnis terutama dalam bidang manajemen pemasaran dan mengaplikasikannya dalam penelitian individu Mahasiswa  mampu menjelaskan mempresentasikan mengindentifikasi menganalisa dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di dalam Organisasi . Matakuliah ini diberikan setelah lulus mata kuliah Pengantar Bisnis, Pengantar Manajemen, MSDM: Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang bagaimana teori  organisasi  terjadi di dalam organisasi pada tingkatan individu, kelompok dan organisasi secara keseluruhan serta bagaimana tindakan manajemen dalam mendorong perilaku dan struktur  di dalam organisasi, bidang bidang ilmu yang terkait dengan pembahasan ini dan rerangka disiplin perilaku keorganisasian
Metodologi Penelitian SDM (3 Sks) Pemasaran Internasional (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep, pendekatan, metode dan prosedur dalam penelitian bisnis terutama dalam bidang manajemen sumber dayamanusia dan mengaplikasikannya dalam penelitian individu Pada mata kuliah  ini mahasiswa mempelajari tentang ruang lingkup pemasaran global, lingkungan global yang terdiri dari ekonomi, budaya, politik dan hukum, segmentasi global dan positioning, strategi pemasaran global, strategi memasuki pasar global, kebijakan produk global, strategi harga global, komunikasi global, logistic dan distribusi serta operasi pemasaran global
Metodologi Penelitian Keuangan (3 Sks) Value Based Marketing (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang  mengelola keuangan khususnya melakukan pemilihan investasi, yang dapat dipelajari  mahasiswa dengan mengikuti mata kuliah ini Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep pemasaran yang berorientasi pada peningkatan nilai pada setiap produk yang ditujukan kepada konsumen. Tujuannya agar mahasiswa mampu melihat peluang – peluang baru yang dapat dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen
Metodologi Penelitian Operasional (3 Sks) Psikologi SDM (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang ruang lingkup penelitian operasional dimana di dalamnya termasuk pengenalan metodologi penelitian operasional sampai menyusun proposal  penelitian operasional Pada mata kuliah ini mahasiswa mampu   menjelaskan,   mempresentasikan,   mengidentifikasi,  menganalisa,  dan mengimplementasikan aspek – aspek Psikologis pada Sumber Daya Manusia  perusahaan, baik sebagai individu maupun sebagai upaya menciptakan kondisi lingkungan kerja dan suasana kerja yang sehat pada organisasi dalam rangka mendukung pencapaian visi dan misi orgnisasi secara keseluruhan. Seperti Ruang lingkup Psikologi SDM, Proses penginderaan dan persepsi, Proses belajar dan memori, Proses berpikir dan memecahkan masalah,  Teori-teori perkembangan dan tahapannya, Konsep perkembangan dan proses pertumbuhan manusia, Pembentukan sikap dan perilaku dst
Statistik Berbasis Komputer (3 Sks) Praktek Perencanaan dan Pengembangan SDM (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang statistika, konsep mengumpulkan, mengolah, menyajikan, menganalisis data dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis serta dapat mengaplikasikan pengujian hipotesis dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan software SPSS, PLS, Lisrel dan Eviews Mata kuliah memberikan pengetahuan dan kemampuan analitis kepada mahasiswa tentang pentingnya peranan perencanaan dan pengebangan sumberdaya manusia sebagai salah satu fungsi dalam manajemen sumberdaya manusia. Mahasiswa juga diberikan kemampuan dalam memperhitungkan kebutuhan sumberdaya manusia, ketersediaan sumberdaya manusia serta implikasi kebijakan terkait kondisi surplus atau kekurangan pegawai. Pengembangan sumberdaya manusia membakali mahasiswa dengan kemampuan melakukan analisis kebutuhan pelatihan, proses pelaksanaan kegiatan pelatihan serta evaluasi pelaksanaan pelatihan sumberdaya manusia. Prasyarat mata kuliah ini adalah manajemen sumberdaya manusia
Manajemen Strategik (3 Sks) Manajemen Perjalanan Wisata (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pentingnya manajemen stratejik, visi dan misi organisasi, mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal organisasi, strategi jangka panjang dan strategi jangka pendek, strategi tingkat bisnis, unit bisnis dan strategi multi bisnis, implementasi strategi dan evaluasi strategi Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pemasaran, konsep mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang kebijakan pembangunan pariwisata dalam konteks perjalanan pariwisata. Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan produk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan  tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan berkelanjutan perjalanan pariwisata. Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan serta kendala kompleksitas pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi di suatu perjalanan pariwisata. Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementatif
Manajemen Perhotelan (3 Sks) Manajemen Rantai Pasokan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang rtuang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan perhotelan dan bisnis kuliner agar mahasiswa mampu memahami dasar dari pariwisata dimaksud Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Ruang Lingkup dan Prinsip-Prinsip , Membuat , Membeli, Outsourching, Enam Strategi rantai pasok Integrasi, vertical dan kairetsu, Resiko Rantai Pasok, Mengelola Rantai Pasok yang Terintegrasi, Seleksi Rantai Pasok, Pengadaan dan Evaluasi Rantai Pasok, Keterkaitan Rantai Pasok dengan Mengelola Logistic, Mengelola Distribusi, Etika dan kesinambungan manajemen rantai pasok, Mengukur Kinerja Rantai Pasok, Teknik evaluasi rantai pasok, Mengevaluasi kerusakan dalam rantai pasok, Kasus besar mengelola rantai pasok
Performance Management (3 Sks) Analisis Laporan Keuangan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Konsep dasar, konsep performance manajemen untuk suatu fungsi, pemanfaatan iptek, pemakaian teknik penilaian, mengukur prestasi kerja, dasar pemikiran, metode dalam performance manajemen Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang analisis laporan keuangan, alat-alat analisis laporan keuangan, perhitungan rasio  yang digunakan dalam analisis laporan keuangan sehingga mampu memahami dan menganalisis  laporan keuangan secara comprehensive
Manajemen Keuangan Internasional (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang sebuah perusahaan lokal melakukan ekapansi ke luar negeri, maka akan menguntungkan  dengan peluang  potensial untuk pengembangan bisnisnya dan pada saat yang bersamaan, perusahaan juga terkena tambahan risiko.meningkatnya  tantangan ekonomi dan keuangan, seperti yang dihadapi oleh perusahaan multinasional. Secara khusus mata kuliah ini mengenalkan kepada mahasiswa : 1. Foreign Exchange Market. Function and structure of the Spot and Forward markets are discussed. 2. Currency Derivative Markets. Function and structure of the Foreign Exchange Futures and Options markets are introduced. 3. Fundamental International Parity Relationships. The relationship between the purchasing power parity and the exchange rate is introduced. In addition, the relationship between interest rate parity and the exchange rate is also introduced. 4. Foreign Exchange Risk Management. Introduces different techniques developed to manage foreign exchange risk. 5. Capital budgeting for Multinational Corporation, Financing International Trade, and International Cash Management. Sehingga mahasiswa mampu memahami manajemen keuangan internasional secara keseluruhan
SEMESTER 7
Pengambil Keputusan Manajerial (3 Sks) Leadership (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pemasaran, konsep dasar pengembilan keputusan, model-model pengmbilan keputusan, dalam menggunakan keputusan pohon, keputusan dalam suatu resiko, kendala-kendala dalam perusahaan, sensivitas perubahan data, dan tujuan membuat keputusan Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menguraiakan  konsep kepemimpinan, teori-teori kepemimpinan, serta perilaku kepemimpinan yang efektif, dan dapat mengimplementasikan praktik-praktik kepemimpinan untuk manajemen lini yang meliputi fungsi supervisi, pendelegasian, dan mentoring dan penilaian kinerja karyawan
Perbankan Syariah (3 Sks) Talent Management (3 Sks)
Mata kuliah memberikan pengetahuan dan kemampuan analitis kepada mahasiswa tentang ajaran-ajaran Islam mengenai muamalah (ekonomi), khususnya tentang pengelolaan harta, larangan riba dan perbankan syariah yang dilihat dari aspek asal usul, hakikat, sejarah, konsep, perkembangan dan eksistensinya di Indonesia maupun di mancanegara Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang manajemen talenta, konsep dan manajemen talenta, dan strategi yang digunakan dalam menerapan manajemen talenta, perbedaan antara penerapan manajemen talenta, 4 langkah: Assesment, Coaching, Evaluation, Organizing, serta mengembangkan 4 komponen pembentukan manajemen talenta: Kompetensi, Manajemen Kinerja, Evaluasi Potensi Karyawan, dan Merekrut Para Superkeeper
Pratek Perilaku Konsumen (3 Sks) Culinary Business (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang perilaku konsumen, konsep dasar perilaku konsumen, variasi lintas budaya, perbedaan pengaruh internal ,  motivasi perilaku konsumen, Proses Keputusan Konsumen: Pengaruh Situasional dan  pengenalan Masalah., Proses keputusan Konsumen: Pencarian Informasi dan evaluasi serta Pemilihan alternatif, Proses keputusan konsumen: pemilihan outlet dan pembelian, Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang rtuang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan perhotelan dan bisnis kuliner agar mahasiswa mampu memahami dasar dari pariwisata dimaksud
E-Marketing (3 Sks) Praktek Manajemen Perhotelan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep pemasaran yang menggunakan teknologi internet (online) yang berorientasi pada peningkatan nilai pada setiap produk yang ditujukan kepada konsumen. Tujuannya agar mahasiswa mampu melihat peluang – peluang baru yang dapat dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang rtuang lingkup pariwisata dimana di dalamnya termasuk pengenalan perhotelan dan bisnis kuliner agar mahasiswa mampu memahami dasar dari pariwisata dimaksud
Operation Excellent Strategy (3 Sks) Manajemen Persediaan (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Kegunaan Operasi Excellent Strategi  , aplikasi metode, ipteks untuk desaian produk jasa, mempelajari strategi, mempelajari pengukuran dan perencanaan, manajemen proyek, just in time, penjadwalan, pemeliharaan Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang gambaran  umum manajemen persediaan, Strategi Penyediaan Barang, Manajemen Pembelian, Kebutuhan Perdana  & Pengisian  kembali Persediaan, Penilaian & Pengendalian persediaan, model deterministic, Pengertian model stochastic , Persediaan Pengamanan, pengelolaan barang, kegiatan logistik, Pengertian & Tujuan Just In Time, Just In Time , MRP,  Lot for Lot dan EOQ,  PBB, persediaan surplus dan persediaan mati, material handling, Tolok ukur Kinerja, Pengukuran kinerja, Perhitungan perputaran persediaan
Instrumen Keuangan Derivatif (3 Sks) Behavioral Corporate Finance (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang pemasaran konsep derivatif dan instrument keuangan yang digunakan, sejarah dan fungsi pasar berjangka, perbedaan instrument keuangan derivative dengan instrument keuangan pada umumnya, kontrak forward, kontrak swap, kontrak future, dan kontrak opsi yang berlaku di perusahaan/ bursa Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang keuangan perusahaan, analisa laporan keuangan serta pengambilan keputusan sehingga mampu membaca dan mengidentifikasi perilaku keuangan perusahaan
SEMESTER 8
Tugas Akhir (6 Sks) Magang (3 Sks)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep, pendekatan , metode dan prosedur dalam penelitian terutama dalam bidang manajemen  dan menuangkannya – mengaplikasikannya dalam karya tulis. Mata kuliah Kerja Praktek ini mewajibkan mahasiswa untuk melakukan magang kerja di perusahaan/industri/jasa yang mana bidang kerja yang dikerjakan adalah terkait dengan bidang kerja Pemasaran, Sumberdaya Manusia, Keuangan, Pariwisata dan Operasional sebagai implementasi materi perkuliahan yang telah dipelajari dan melatih kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi dalam pekerjaan di lapangan